BERITA & ISU SOSIAL

INFO TERKINI PERINDO

11 Jan 2017 23:41

HT : Pemerintah Harus Proteksi dan Tingkatkan Kualitas Tenaga Kerja Lokal

BOJONEGORO-Serbuan tenaga kerja asing (TKA) harus segera dibatasi. Agar tak semakin banyak tenaga kerja lokal terpinggirkan.

“Tenaga kerja asing harus dibatasi hanya untuk keahlian khusus yang tidak kita miliki, berikan kesempatan pada masyarakat kita,” ujar Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) saat melantik 430 DPRt Partai Perindo Bojonegoro di Gedung Serbaguna Bojonegoro, Jawa Timur, Rabu (11/1).

Sejak pemberlakukan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), TKA berbondong-bondong masuk ke Indonesia. Mereka mengisi sektor-sektor menengah ke bawah, bukan yang membutuhkan keahlian atau skill khusus.

Seharusnya, sektor-sektor yang tidak membutuhkan keahlian khusus tersebut bisa diisi tenaga kerja lokal. “Pemerintah harus memberikan proteksi dan meningkatkan kualitas tenaga kerja kita,” kata HT.

Tak hanya memberikan perlindungan, peningatan kualitas tenaga kerja lokal dibutuhkan agar kelak mereka bisa menempati posisi-posisi strategis yang selama ini dikuasai TKA. Untuk itu, harus ada transfer of knowledge oleh TKA dalam menyiapkan kemampuan tenaga kerja lokal.

Selain itu, lanjut HT, pemerintah perlu memberikan pelatihan-pelatihan dan meningkatkan pendidikan tenaga kerja lokal agar tidak kalah saing dengan TKA. “Jika mereka produktif maka akan memiliki daya saing dengan tenaga kerja asing,” tambah pria yang telah mengajar di lebih 150 perguruan tinggi tersebut. (muhamad ibrahim)

share article by

Latest Tweet

@PartaiPerindo

facebook fans

PERINDO

SEKRETARIAT DPP PERINDO

Jl. Pangeran Diponegoro 29
Menteng, Jakarta Pusat 10310
Telp : +62 21 - 3192 4109
Fax : +62 21 – 3192 5485
Email: sekretariat@partaiperindo.com
Peta alamat.

Copyright © 2017 Partai Persatuan Indonesia (Partai PERINDO). All rights reserved.

'+
1
'+
2 - 3
4 - 5
6 - 7
8 - 9
10 - 11
12 - 13
13 - 14
[x]