PERINDO UPDATE

16 Jan 2015 01:27

HT: Kualitas Wasit dan Pelatih Akan Dibenahi

JAKARTA – Asosiasi Futsal Indonesia (AFI) serius dan fokus untuk menaikkan ranking Timnas Futsal Indonesia di FIFA. Mengawali 2015, AFI langsung menggelar seminar yang bertajuk Workshop Asosiasi Futsal Indonesia 2015 dan AFF Futsal Club Championship 2015 yang fokus pada organisasi dan pembinaan.

Seminar yang diadakan di Gedung MNC, Kebon Sirih Jakarta Pusat, Kamis (15/1/2015) diikuti oleh 33 Asosiasi Futsal Daerah di Indonesia dan 33 klub. Dalam seminar sehari ini banyak dipaparkan akan sususan organisasi, program dan kompetisi di tingkat Nasional.

Dalam rangka meningkatkan prestasi dan antusiasme masyarakat akan futsal, AFI sudah membuat PT Liga Futsal Indonesia yang akan segera menyelenggarakan turnamen futsal, sekelas Indonesia Super League (ISL). AFI juga membuat Piramida Kompetisi dengan membaginya dari Kompetisi Pro Putra dan Putri, Kompetisi Amatir U-21 dan U-23, serta menyuburkan pembinaan futsal kelompok umur U-16 dan U-19.

Dalam Kompetisi Pro akan diikuti oleh 16 klub Putra yang terdiri dari 12 tim pemilik hak pilih/suara (voters) AFI dan empat tim dari futsal amatir yang akan menjalani babak playoff. Untuk 16 klub ini juga tentunya harus lolos verifikasi dari PT Liga Futsal Indonesia yang terdiri dari legalitas, kecukupan anggaran, keanggotaan, pemantapan struktur dan rivalitas daerah.

Sedangkan kompetisi Putri akan diikuti oleh delapan klub dan karena ini pertama kali sehingga delapan klub itu hanya harus lolos verifikasi tanpa adanya playoff.

Rencananya sistem kompetisi menggunakan pembagian grup, A dan B yang akan diisi masing-masing delapan klub untuk putra dan empat klub untuk putri. Menggunakan sistem kandang tandang dalam empat seri, dengan Grup A akan bermain di seri satu dan tiga, serta Grup B di seri dua dan empat. Dalam satu seri akan ada 28 laga yang berlangsung selama empat hari dan setiap harinya ada tujuh pertandingan.

Dari Kompetisi Pro ini, dua tim teratas grup berhak untuk melaju ke semifinal sedangkan dua terbawah harus rela beraksi bersama futsal amatir. Rencananya Kompetisi pro ini akan diadakan pada bulan Februari hingga Mei 2015. Sebelumnya, pada 16-18 Januari ini akan diadakan AFF Futsal Club Championship 2015.

Selanjutnya AFI juga akan menggelar dua kejuaraan internasional di Mei dan September 2015. Dua kejuaraan internasional itu ditujukan menyiapkan Timnas Futsal Indonesia sebelum mengikuti AFF Futsal Championship 2015 di Jogjakarta pada 8-18 Oktober mendatang. Targetnya ialah agar Indonesia lolos tiga besar guna mengikuti AFC Futsal.

“Peringkat Indonesia saat ini ada di ranking 10 Asia dan 45 dunia dan kami tentunya memiliki target untuk bisa empat besar di Asia. Dengan ranking ini Indonesia bisa berlaga di Piala Dunia Futsal. Saya lihat prestasi Futsal juga lebih baik dari sepakbolanya, jadi saya yakin target tercapai. Kami juga akan membenahi kualitas wasit dan pelatih dalam turnamen Futsal,” tegas Ketua AFI, Hary Tanoesoedibjo (HT) dalam jumpa media Workshop Asosiasi Futsal Indonesia 2015 dan AFF Futsal Club Championship 2015, di Jakarta, Kamis (15/1/2015).

“Kami harap dengan masa kepemimpinan Pak Hary selama empat tahun (2014-2018) di AFI bisa mencapai target empat besar Asia dan cita-cita kami tentunya tembus di Piala Dunia. Kami harap juga akan ada kompetisi nasional sekelas ISL untuk meningkatkan prestasi klub futsal Indonesia,” tambah Hardi Hasan, anggota Exco PSSI, yang turut hadir.

share article by

VIDEO PROFILE
PARTAI PERINDO

kutipan-web-perindo

Latest Tweet

@PartaiPerindo

facebook fans

PERINDO

SEKRETARIAT DPP PERINDO

Jl. Pangeran Diponegoro 29
Menteng, Jakarta Pusat 10310
Telp : +62 21 - 3192 4109
Fax : +62 21 – 3192 5485
Email: sekretariat@partaiperindo.com
Peta alamat.

Copyright © 2017 Partai Persatuan Indonesia (Partai PERINDO). All rights reserved.

'+
1
'+
2 - 3
4 - 5
6 - 7
8 - 9
10 - 11
12 - 13
13 - 14
[x]