BERITA & ISU SOSIAL

INFO TERKINI PERINDO

27 Jan 2015 03:30

Diserbu Perusahaan Logistik Asing, Pengawasan Harus Diperketat

PADANG – Pengusaha logistik lokal siap bersaing dengan perusahaan logistik asing, asalkan mengikuti regulasi logistik yang ditetapkan pemerintah Indonesia. Selama ini, pengawasan dan penegakan hukum pada bisnis logistik dinilai masih lemah.

“Mereka bisa saja masuk ke seluruh daerah di Indonesia asal memenuhi aturan logistik Indonesia,” kata Ketua Asosiasi Logistik dan Forwarding Indonesia (AFLI) wilayah Sumatera Barat (Sumbar) yang juga Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Indonesia (Perindo) HM Tauhid kepada media, Senin (26/1/2015).

Menurutnya, tak ada masalah dengan perusahaan asing tersebut asal menghargai perusahaan daerah dan tidak seenaknya melakukan pelanggaran aturan kegiatan logistik sejak hulu sampai hilir. Yang harus diperkuat di bisnis logistik adalah pengawasan dan dan penegakan hukum terhadap bisnis logistic maupun bongkar muat. “Kami berharap ada law enforcement (penegakan hukum) dalam hal ini,” kata Tauhid.

Menurutnya secara umum, di pelabuhan terdapat tiga usaha yang terlibat yaitu Asosiasi Pelayaran Nasional Indonesia, Asosiasi Logistik dan Forwarding Indonesia (AFLI) dan Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI).

“Saat ini kami justru mendapat sedikit kendala dari PT Pelindo yang melakukan monopoli fasilitas pelabuhan, logistik sampai bongkar muat,” kata Tauhid.

Padahal menurutnya, tarif handling PT Pelindo lebih mahal Rp22 ribu dari tarif perusahaan lokal. “Para pengguna jasa logistik dan bongkar muat ini kebanyakan adalah pengusaha CPO (Crude Palm Oil),” kata Tauhid.

Saat ini menurutnya ada sekitar 36 perusahaan logistik di Pelabuhan Teluk Bayur. Sebelumnya beredar kabar bahwa sebanyak 25 perusahaan asing berskala global masuk ke Indonesia dengan menggandeng perusahaan logistik lokal selama tiga tahun terakhir menjelang berlakunya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) di akhir 2015.

Mereka sepertinya ingin ikut menikmati “kue” bisnis logistik Indonesia yang mencapai Rp2.100 triliun per tahun, dengan pertumbuhan mencapai 14,7 persen dalam tiga tahun terakhir.

share article by

Latest Tweet

@PartaiPerindo

facebook fans

PERINDO

SEKRETARIAT DPP PERINDO

Jl. Pangeran Diponegoro 29
Menteng, Jakarta Pusat 10310
Telp : +62 21 - 3192 4109
Fax : +62 21 – 3192 5485
Email: sekretariat@partaiperindo.com
Peta alamat.

Copyright © 2017 Partai Persatuan Indonesia (Partai PERINDO). All rights reserved.

'+
1
'+
2 - 3
4 - 5
6 - 7
8 - 9
10 - 11
12 - 13
13 - 14
[x]