PERINDO UPDATE

29 Jan 2015 01:57

Pemerintah Harus Perbaiki Sektor Produksi Indonesia

JAKARTA – Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) harus memperbaiki sektor produksi untuk bisa mengejar target pertumbuhan 5,8 persen. Target pertumbuhan ekonomi pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2015 lebih tinggi 0,2 persen dibanding pemerintahan sebelumnya yang mematok 5,6 persen.

“Jokowi harus memperbaiki instrumen sektor produksi yang bisa menumbuhkan ekonomi Indonesia dengan cepat. Menurutnya jika sektor produksi diperbaiki, ditunjang infrastruktur maka ekspor diharapkan meningkat,” kata Ketua Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Jawa Timur Muhammad Mirdasy kepada media, Rabu (28/1/2015) .

Terlebih, dengan membaiknya ekonomi Amerika Serikat (AS) dan beberapa negara lainnya. Kondisi ini dapat membuat Indonesia lebih bisa meningkatkan ekspor dari baik dari industri kecil dan menengah maupun manufaktur kecil dan menengah dari Indonesia ke beberapa negara lainnya.

“Banyak hal yang harus dilakukan Pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Misalnya dengan memperbesar ekspor, “ kata Mirdasy yang juga Ketua Institute Development Economic Studies Surabaya.

Hal yang bisa dilakukan oleh pemerintah misalnya mempermudah proses perizinan ekspor serta memberantas pungutan liar pada proses-proses itu sehingga lebih kompetitif.

“Adanya kemudahan perizinan ekspor akan membuat rakyat terbantu. Proses izin ekspor yang mudah dapat merangsang volume ekspor kita dan kemudian bermanfaat bagi kesejahteraan rakyat ,” kata Mirdasy.

Begitu juga dalam soal permodalan dan pelatihan. Menurutnya, pemerintah harus mendukung pelaku usaha Indonesia karena dengan modal cukup dan standar produksi yang baik maka mereka dapat bersaing dengan negara lain.

Pekerjaan berat lain yang harus dilakukan pemerintah untuk memperbaiki sektor produksi adalah pembangunan infrastruktur. Karena di Indonesia, banyak infrastruktur dalam kondisi yang menyedihkan.

“Banyak jalan, jembatan dan pelabuhan yang tidak memadai padahal infrastruktur yang baik akan membuat produksi industri rakyat serta manufaktur kecil dan menengah akan jauh lebih murah. Infrastruktur yang memadai adalah drive investasi,“ kata Mirdasy.

VIDEO PROFILE

kutipan-web-perindo
Daftar-Online-Partai-Perindo

Latest Tweet

@PartaiPerindo

facebook fans

PERINDO

SEKRETARIAT DPP PARTAI PERINDO

Jl. Pangeran Diponegoro 29
Menteng, Jakarta Pusat 10310
Telp : +62 21 - 3192 4109
Fax : +62 21 – 3192 5485
Email: sekretariat@partaiperindo.com

Copyright © 2017 Partai Persatuan Indonesia (Partai PERINDO). All rights reserved.

'+
1
'+
2 - 3
4 - 5
6 - 7
8 - 9
10 - 11
12 - 13
13 - 14
[x]