BERITA & ISU SOSIAL

INFO TERKINI PERINDO

03 Feb 2015 09:26

Perindo Kalsel Yakin Peningkatan Keterampilan Membuat Masyarakat Lebih Sejahtera

JAKARTA – Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Kalimantan Selatan (Kalsel) akan berusaha meningkatkan kesejahteraan dengan peningkatan keterampilan masyarakat setempat.

“Kami akan fokus menggenjot keterampilan masyarakat agar bisa meningkatkan pendapatan mereka. Ini akan menjadi prioritas program Perindo Kalimantan Selatan. Ini sejalan dengan konsep Partai Perindo yang bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat,” kata Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Perindo Kalsel, Syahrani Ambo Oga kepada media, Selasa ( 3/2/2015).

Hal itu menurutnya bisa dilakukan dengan pelatihan keterampilan dan pembenahan manajemen usaha. Kalimantan Selatan adalah provinsi kaya dengan Sumber Daya Alam (SDA). Daerah ini punya beberapa SDA yang biasa dieksplor, yaitu tambang batubara, kayu, rotan dan batu-batuan (permata, intan dll). Kayu sudah banyak habis sedangkan rotan masih banyak di wilayah ini. Oleh masyarakat, rotan diolah menjadi lampit (sejenis tikar yang terbuat dari rotan)

Namun karena pengetahuan dan keterampilan masyarakat yang terbatas, membuat para pendatanglah yang menjadi pemilik lahan tambang batubara dan pedagang batu intan. Begitu juga dengan rotan, para pedagang dari luar daerah membeli rotan dari pengrajin Banjar dengan harga murah dan dijual ke luar daerah dengan harga tinggi.

“Keterampilan masyarakat lokal terbatas sehingga banyak dari mereka hanya sebagai buruh dengan upah terbatas. Sedangkan pemilik lahan tambang biasanya orang Jakarta atau daerah lain,“ kata Syahrani.

Di tambang batu bara, kebanyakan masyarakat lokal hanya sebagai buruh tambang sedangkan untuk batu permata atau mulia, masyarakat setempat hanya menjadi buruh gosok batu dengan alat yang sederhana. “Usaha Kecil dan Menengah (UKM) akan jadi prioritas kami, termasuk perajin rotan dan perajin batu mulia,” tuturnya.

“Ini yang akan kami garap karena kami yakini pelatihan akan bisa membantu mereka meningkatkan keterampilan sekaligus meningkatkan nilai jual barang yang dihasilkan masyarakat lokal,” ujar Syahrani.

share article by

Latest Tweet

@PartaiPerindo

facebook fans

PERINDO

SEKRETARIAT DPP PERINDO

Jl. Pangeran Diponegoro 29
Menteng, Jakarta Pusat 10310
Telp : +62 21 - 3192 4109
Fax : +62 21 – 3192 5485
Email: sekretariat@partaiperindo.com
Peta alamat.

Copyright © 2017 Partai Persatuan Indonesia (Partai PERINDO). All rights reserved.

'+
1
'+
2 - 3
4 - 5
6 - 7
8 - 9
10 - 11
12 - 13
13 - 14
[x]