BERITA & ISU SOSIAL

INFO TERKINI PERINDO

04 Feb 2015 08:54

Perindo Jawa Barat Dampingi Usaha Buruh Tani

JAKARTA – Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Jawa Barat akan mengawal usaha para buruh tani dan perajin bermodal kecil untuk lebih berdaya. Tujuan besarnya adalah membuat mereka lebih sejahtera.

“Selama ini banyak dari mereka tergantung pada rentenir yang meminjamkan uang Rp200 ribu-Rp300 ribu perhari dengan bunga cukup besar. Ini mengikis keuntungan usaha mereka yang relatif kecil,” kata Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Jawa Barat, Budhiwan kepada media, Rabu ( 4/2/2015).

Praktik rentenir ini menurut Budhiwan biasa terjadi di pasar-pasar atau di lahan sewa petani. Para rentenir tak segan mengitari pasar menawarkan uang cash dan menagih cicilan pembayaran tiap hari dengan bunga yang relatif besar.

Para pedagang atau petani yang menggunakan jasa rentenir itu, menurut Budi, adalah mereka yang tak punya akses ke bank. Padahal dengan memanfaatkan rentenir kehidupan mereka tambah berat.

“Ke depan, kami punya program untuk menambah modal. Juga kemudahan mengakses jasa keuangan seperti bank dengan bunga sangat rendah. Mereka bisa membeli bibit, pupuk atau tambahan modal dagang dengan uang itu,” katanya.

Oleh karenanya, Partai Perindo berkomitmen penuh soal kesejahteraan masyarakat. “Pengurus Perindo di daerah tingkat dua sering turun ke lapangan dan bertemu dengan masyarakat yang memerlukan solusi ekonomi,” tuturnya.

Dia mencontohkan, para petani di Pengalengan, Jawa Barat. Di daerah itu, banyak sekali petani dengan lahan sempit (berkisar 0,5 hektar) dan disewakan kepada orang lain. Kemudian petani itu mengolahnya dan hasilnya disetor kepada pihak penyewa. “Sang pemilik lahan malah jadi buruh dan tidak pernah sejahtera,” kata Budhiwan.

Menurutnya, para kader Perindo Jawa Barat saat ini sedang menyiapkan akses ke supermarket. “Saat ini para kader melakukan pembinaan petani, pelatihan dan menyiapkan pemasaran. Tanah tak perlu disewakan ke pihak lain, produksi pertanian disalurkan ke supermarket dengan harga yang lebih tinggi dari pengijon,“ katanya.

Menurutnya, Partai Perindo memang sangat konsen pada masalah kesejahteraan rakyat dan berupaya keras meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat.

Biro Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah penduduk miskin di Jawa Barat trennya bertambah. Survei terakhir pada September 2013 lalu mendapati jumlahnya 4,38 juta orang, padahal pada Maret 2013 tercatat 4,28 juta orang.

share article by

Latest Tweet

@PartaiPerindo

facebook fans

PERINDO

SEKRETARIAT DPP PERINDO

Jl. Pangeran Diponegoro 29
Menteng, Jakarta Pusat 10310
Telp : +62 21 - 3192 4109
Fax : +62 21 – 3192 5485
Email: sekretariat@partaiperindo.com
Peta alamat.

Copyright © 2017 Partai Persatuan Indonesia (Partai PERINDO). All rights reserved.

'+
1
'+
2 - 3
4 - 5
6 - 7
8 - 9
10 - 11
12 - 13
13 - 14
[x]