BERITA & ISU SOSIAL

INFO TERKINI PERINDO

18 May 2017 16:13

Perindo NTT Apresiasi KPU Sosialisasi Verifikasi Partai Politik untuk Pemilu 2019

Dalam rangka persiapan terkait aturan dan kebijakan KPU RI tentang verifikasi partai politik peserta pemilu 2019, KPU Provinsi NTT menggelar rapat koordinasi dengan partai politik peserta pemilu di NTT.

Juru bicara KPU Provinsi NTT, Yosafat Kolin, kepada wartawan, Rabu (17/5) mengatakan pihaknya akan melakukan sosialisasi tentang verifikasi partai jelang pemilu kepada partai politik di NTT.

“Walaupun saat ini mereka telah berbadan hukum, diakui negara dan terdaftar di Kemenkumham tetapi untuk menjadi peserta pemilu maka mereka harus mengikuti proses verifikasi, ” ujar Jubir KPU.

Yosafat menjelaskan proses verifikasi partai politik fokus pada beberapa point penting misalnya terkait pengurus parpol di provinsi/kabupaten/kota, 30 persen keterwakilan perempuan, alamat kantor parpol di provinsi/kabupaten/kota, serta keanggotan di sepersepuluh dari kabupaten/kota.

Menurutnya, verifikasi parpol masih merujuk pada Undang-Undang Tahun 2008 tentang partai politik.

Meski demikian, KPU NTT telah mewanti-wanti jika ada penetapan terkait Undang-Undang baru. Ia pun meminta partai-partai politik siap bila ada perubahan undang-undang. Verifikasi partai politik berlaku bagi parpol baru maupun lama.

Sementara, Ketua DPW Partai Perindo NTT, Jonathan Nubatonis mengatakan sebagai partai baru, dirinya mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan KPU NTT.

Kegiatan ini, kata Nubatonis, merupakan upaya dari KPU untuk membangun partai politik yang berkualitas dan profesional.

Ia menambahkan, KPU dalam arahan selama kegiatan sangat terbuka terkait aturan bagi seluruh peserta.

“Verifikasi faktual untuk dinyatakan lolos sebagai peserta pemilu tergantung dari partai itu sendiri, ” ujar Ketua DPW Partai Perindo NTT itu.

Ia menambahkan Partai Perindo saat ini telah siap sebagai salah satu peserta pemilu di tahun 2019 mendatang. Sejak tahun lalu, pihaknya sudah menyiapkan segala bentuk Pasalnya, Partai Perindo dari tahun lalu telah menyiapkan segala administrasi berkaitan dengan verifikasi faktual.

Terpisah, pengurus Partai Amanat Nasional (PAN) NTT Emanuel Pasa menyambut positif kegiatan yang diselenggarakan KPU NTT.

VICTORY NEWS

share article by

Latest Tweet

@PartaiPerindo

facebook fans

PERINDO

SEKRETARIAT DPP PERINDO

Jl. Pangeran Diponegoro 29
Menteng, Jakarta Pusat 10310
Telp : +62 21 - 3192 4109
Fax : +62 21 – 3192 5485
Email: sekretariat@partaiperindo.com
Peta alamat.

Copyright © 2017 Partai Persatuan Indonesia (Partai PERINDO). All rights reserved.

'+
1
'+
2 - 3
4 - 5
6 - 7
8 - 9
10 - 11
12 - 13
13 - 14
[x]