PERINDO UPDATE

12 Sep 2017 22:20

Dorong Peningkatan Kesejahteraan Petani, Partai Perindo Berikan Petani Mesin Perontok Padi

Partai Perindo terus bergerak membangun kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat bawah di seluruh daerah di Indonesia.

Berbagai program digulirkan oleh partai berlambang Rajawali ini. Satu diantaranya adalah bantuan alat perontok padi yang bisa digunakan oleh kelompok petani binaan.

Ketua Bidang UMKM DPP Partai Perindo, Wishnu Handoyono, mengungkapkan pemberian mesin perontok padi yang dilakukan merupakan salah satu kepedulian Partai Perindo dari sederet bentuk baktinya kepada masyarakat.

“Mesin itu cukup dibutuhkan oleh para petani, karena mereka sebelum ini biasanya menyewa dari pihak lain, selama menyewa itu tidak jarang terpaksa menunggu , keburu padi rusak, dengan mendapatkan mesin perontok padi mereka bisa lebih efektif memproduksi hasil panen, bisa tepat waktu,” imbuh Wishnu memaparkan.

Ada pun keuntungan yang bisa diperoleh para petani dengan memanfaatkan mesin perontok padi, yaitu untuk menekan biaya produksi dan mendapatkan hasil yang lebih banyak.

“Misalnya biasanya para petani menghabiskan biaya sebesar 900 ribu rupiah, sekarang bisa lebih hemat karena sudah memiliki mesin sendiri,” terang Wishnu. Oleh karenanya, dengan hadirnya mesin perontok padi ini, Wishnu yakin para petani akan lebih bisa menekan biaya produksi mereka.

Selain itu, lanjut Wishnu, ketika petani masih melakukan perontokan padi dengan cara manual, yaitu dengan cara disabet-sabetkan, itu masih memungkinkan hasil yang kurang maksimal. “Misalnya saja kalau secara manual bisa mendapatkan hasil 2,4 ton padi, dengan mesin perontok padi bisa mencapai hasil 3 ton,” contoh Wishnu.

Program ini sudah bergulir, satu diantaranta DPD Partai Perindo Cirebon yang menyerahkan satu unit mesin perontok padi kepada Kelompok Tani ‘Sejahtera Tani’ di Desa Danawinangun, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon.
Wishnu menilai apa yang dilakukan DPD Perindo Kabupaten Banten ini menjadi percontohan bagi kabupaten/kota lain, supaya nantinya bisa diikuti oleh wilayah lain.

“Kita akan menggalang Gapoktan di daerah lain, yang tentunya untuk meningkatkan kesejahteraan para petani, juga meningkatkan penghasilan mereka,” ujarnya.

share article by

VIDEO PROFILE
PARTAI PERINDO

kutipan-web-perindo

Latest Tweet

@PartaiPerindo

facebook fans

PERINDO

SEKRETARIAT DPP PERINDO

Jl. Pangeran Diponegoro 29
Menteng, Jakarta Pusat 10310
Telp : +62 21 - 3192 4109
Fax : +62 21 – 3192 5485
Email: sekretariat@partaiperindo.com
Peta alamat.

Copyright © 2017 Partai Persatuan Indonesia (Partai PERINDO). All rights reserved.

'+
1
'+
2 - 3
4 - 5
6 - 7
8 - 9
10 - 11
12 - 13
13 - 14
[x]