PERINDO UPDATE

13 Nov 2017 19:03

Wow! Rescue Perindo Akan Bekali Pelatihan Medis kepada Tim Ambulans

JAKARTA – Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Rescue Perindo Adin Denny menjelaskan pentingnya pertolongan pertama dalam menangani korban kecelakaan maupun bencana alam.

Sebagai ujung tombak dalam operasi tanggap darurat, Rescue Perindo dituntut untuk cakap dalam memberikan penanganan medis dasar kepada pasien.

Oleh karenanya, sayap Partai Perindo yang berdiri sejak 2013 itu berupaya untuk memberikan pelatihan dasar pertolongan pertama kepada tim ambulans Perindo yang tersebar di berbagai wilayah di Tanah Air.

“Jika tidak ada halangan, kami akan memberikan pelatihan ini di bulan depan (Desember 2017) karena kami masih menunggu konfirmasi,” kata Adin saat dihubungi, Senin (13/11/2017).

Bentuk pertolongan pertama yang dimaksud pun bermacam-macam. Mulai dari menguasai teknik tepat mengangkat korban, bantuan pernapasan buatan atau CPR (cardiopulmonary resuscitation), dan teknik menghentikan pendarahan.

Dia mengiginkan agar pengendara ambulans Perindo tidak hanya siap untuk memberikan pelayanan, tetapi juga sigap dalam penanganan genting.

“Kejadian gawat darurat biasanya berlangsung cepat dan tiba-tiba, sehingga sulit untuk diprediksi kapan terjadinya. Jadi mereka (pengemudi ambulans) harus bisa bereaksi cepat dalam memberikan pertolongan pertama,” katanya.

“Sehingga kita bisa mengurangi resiko cedera parah yang dialami korban hingga dapat mengurangi angka kematian di jalan,” tambahnya.

Standar Internasional

Dengan total 210 armada ambulans Perindo yang tersebar di berbagai wilayah di Tanah Air, Adin berharap agar pengendara ambulans Perindo bisa memenuhi syarat standar internasional.

“Pengendara ambulans tidak boleh melaju melebihi dari 70 kilometer dan tidak boleh ugal-ugalan karena keselamatan pasien menjadi hal yang utama,” katanya.

Di samping itu, perlengkapan medis juga menjadi penunjang utama dalam menangani pertolongan pertama. Sebab itu, ambulans Perindo telah memenuhi berbagai kelengkapan untuk membantu pasien.

“Kita sudah memiliki peralatan medis yang lengkap. Mulai dari P3K, tabung oksigen, tandu, dan peralatan penunjang medis lainnya sudah kami siapkan di dalam ambulans Perindo,” ucapnya.

Puspa Puspita

share article by

Latest Tweet

@PartaiPerindo

facebook fans

PERINDO

SEKRETARIAT DPP PERINDO

Jl. Pangeran Diponegoro 29
Menteng, Jakarta Pusat 10310
Telp : +62 21 - 3192 4109
Fax : +62 21 – 3192 5485
Email: sekretariat@partaiperindo.com
Peta alamat.

Copyright © 2017 Partai Persatuan Indonesia (Partai PERINDO). All rights reserved.

'+
1
'+
2 - 3
4 - 5
6 - 7
8 - 9
10 - 11
12 - 13
13 - 14
[x]