PERINDO UPDATE

07 Dec 2017 14:54

Himbauan Kartini Perindo untuk Mencegah Resiko Terjangkit Difteri

JAKARTA – Wabah difteri yang disebabkan oleh bakteri corynebacterium diptheriae telah memakan puluhan korban jiwa.

Data Kementerian Kesehatan menunjukkan pada Januari hingga November 2017, sebanyak 95 Kabupaten dan Kota dari 20 Provinsi melaporkan adanya kasus difteri. Dari jumlah daerah tersebut tercatat sebanyak 593 kasus dan 32 di antaranya meninggal dunia.

Sementara itu, dalam kurun waktu Oktober hingga November 2017 terdapat 11 Provinsi yang melaporkan kejadian luar biasa terkait kasus tersebut. Wabah penyakit itu menyerang warga di antaranya Sumatera Barat, Jawa Tengah, Aceh, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Riau, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Wakil Ketua Umum DPP Kartini Perindo Ratih Purnamasari Gunaevy mengatakan pentingnya tindakan pencegahan dengan rutin melakukan imunisasi guna mencegah resiko terkena difteri. Setidaknya, setiap orang harus melakukan tiga kali imunisasi.

“Pentingnya kaum ibu untuk memastikan pemberian vaksin DPT/Hb saat anak-anak masih bayi yaitu di usia dua sampai empat bulan. Sedang pada usia sekolah kurang dari tujuh tahun dan saat remaja,” ujarnya saat dihubungi, Kamis, (7/12/2017).

Meski difteri dominan menyerang anak-anak, namun tidak menutup kemungkinan penyakit tersebut juga meng-infeksi orang dewasa.

“Penyakit ini rentan kepada anak-anak, tetapi orang dewasa juga perlu waspada,” katanya.

Di samping itu, Ratih menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menggunakan masker guna melindungi diri dan juga orang lain yang terkena penyakit tersebut.

“Difteri ini menyebar melalui udara dan memungkinkan menempel di makanan, minuman yang sudah terkontaminasi. Jadi penularannya sangat mudah,” katanya.

Untuk menekan penyebaran penyakit tersebut, Kartini Perindo berupaya melakukan sosialisi serta bekerja sama dengan badan pemerintahan dan organisasi masyarakat.

“Kita memberikan edukasi kepada kaum ibu dan masyarakat dengan bergandengan tangan dengan Dinas Kesehatan, Puskesmas, PKK, Posyandu, dan pihak lainnya,” ujarnya.

Puspa Puspita

VIDEO PROFILE

kutipan-web-perindo
Daftar-Online-Partai-Perindo

Latest Tweet

@PartaiPerindo

facebook fans

PERINDO

SEKRETARIAT DPP PARTAI PERINDO

Jl. Pangeran Diponegoro 29
Menteng, Jakarta Pusat 10310
Telp : +62 21 - 3192 4109
Fax : +62 21 – 3192 5485
Email: sekretariat@partaiperindo.com

Copyright © 2017 Partai Persatuan Indonesia (Partai PERINDO). All rights reserved.

'+
1
'+
2 - 3
4 - 5
6 - 7
8 - 9
10 - 11
12 - 13
13 - 14
[x]