PERINDO UPDATE

05 Jan 2018 18:05

Ibu Sekap Tiga Anak, Ini Kata Kartini Perindo


JAKARTA – Seorang ibu bernama Alika (37) tega menyekap ketiga putrinya berinisial KN (13), ZS (11) dan DNZ (6) selama satu tahun di dalam rumah mereka bertempat di Jalan Wahid Hasyim No 199, RT 14, RW 4, Desa Sudimoro, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Melihat fenomena yang terjadi, Kartini Perindo berpandangan bahwa efek perceraian orangtua menjadi awal kasus penyekapan ketiga anak tersebut.

Wakil Ketua Umum DPP Kartini Perindo Ratih Purnamasari Gunaevy mengatakan kasus penyekapan dilakukan seorang ibu kepada ketiga anak kandungnya sangat disayangkan. Apalagi ketiga anak itu menjadi korban sehingga mengalami trauma usai disekap ibunya akibat perceraian orangtua.

“Kita sangat menyayangkan hal seperti ini bisa terjadi. Sering kali perceraian menyebabkan anak menjadi korban. Dalam kasus ini, perceraian mengakibatkan kerusakan mental atau depresi kepada orangtua dan traumatic kepada anak-anaknya,” kata Ratih saat dihubungi, Jumat, (5/1/2018).

Ratih menuturkan perceraian suami dan istri dapat menyebabkan istri mengalami stres dan depresi. Fatalnya adalah ketika depresi dialami istri dilampiaskan kepada anak-anaknya. Seperti melarang anak bermain di luar rumah dan tidak boleh ke sekolah, bahkan si ibu tidak memenuhi kebutuhan gizi kepada ketiga anaknya.

“Depresi seperti hal tersebut justru berakibat buruk kepada anak-anak, sehingga rasa sayang berubah menjadi menyiksa. Akibatnya, gizi anak tidak terpenuhi dan mereka tidak bisa bersosialisasi dengan masyarakat sekitar,” tambahnya.

Menurut Ratih butuh waktu untuk memulihkan kembali mental anak yang menjadi korban penyekapan agar mereka bisa kembali beradaptasi dan bersosialisasi dengan lingkungan masyarakat.

“Anak-anak tersebut perlu diberikan pendekatan secara manusiawi untuk mendapat bimbingan keagamaan secara spiritual. Termasuk bantuan dari keluarga untuk meyakinkan bahwa mereka tetap memiliki keluarga yang menyayangi mereka,” ujarnya.

Ratih berpesan jika kasus serupa kembali terjadi sepatutnya warga segera melaporkan ke pihak berwenang. Tentunya, peran serta pengawasan dari pihak RT dan masyarakat setempat agar peristiwa tersebut tidak kembali terulang.

“Penting bagi kita untuk bertindak secepatnya dan melapor ke pihak berwajib atau Komisi Perlindungan Anak bila melihat hal ini di dekat kita,” tutupnya.

Seperti diketahui, tiga anak perempuan ditemukan dalam kondisi memprihantinkan di sebuah rumah di Jalan Wahid Hasyim No 199, RT 14, RW 4, Desa Sudimoro, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Ketiganya diduga disekap oleh ibunya Alika dan mereka dilarang ke sekolah serta keluar rumah untuk bersosialisasi.

Buntut penyekapan itu setelah Alika berpisah dengan Muhammad Romli ayah dari ketiga anak tersebut sejak empat tahun lalu. Tak lagi satu atap, Romli pulang ke rumah orangtuanya. Sedang Alika dan tiga putrinya tinggal bersama hingga akhirnya kasus penyekapan sang ibu terhadap anaknya terkuak.

VIDEO PROFILE

kutipan-web-perindo
Daftar-Online-Partai-Perindo

Latest Tweet

@PartaiPerindo

facebook fans

PERINDO

SEKRETARIAT DPP PARTAI PERINDO

Jl. Pangeran Diponegoro 29
Menteng, Jakarta Pusat 10310
Telp : +62 21 - 3192 4109
Fax : +62 21 – 3192 5485
Email: sekretariat@partaiperindo.com

Copyright © 2018 Partai Persatuan Indonesia (Partai PERINDO). All rights reserved.

'+
1
'+
2 - 3
4 - 5
6 - 7
8 - 9
10 - 11
12 - 13
13 - 14
[x]