PERINDO UPDATE

24 Jan 2018 17:32

Pemuda Perindo Imbau Masyarakat Tak Terpancing Kabar Hoax Gempa Susulan


JAKARTA – Ketua DPP Pemuda Perindo, Effendy Syahputra menyesalkan kabar bohong soal adanya gempa susulan dengan beredarnya foto dan video di media sosial. Terlebih, kabar palsu tersebut muncul di tengah musibah gempa bumi yang menimpa sebagian warga di Lebak, Banten, Selasa (23/1/2018).

“Penyebaran kabar hoax di media sosial sangat menyesatkan informasi dan malah semakin memancing rasa takut maupun kekhawatiran mereka,” ujarnya saat dihubungi, Rabu (24/1/2018).

Dia mengingatkan kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam menerima informasi yang tidak benar, sumber akurat yang harus diterima masyarakat berasal dari lembaga terpercaya.

Apalagi di era digital saat ini sangat mudah untuk menyebarkan informasi hoax pasca-bencana gempa bumi di Lebak, Banten yang membuat masyarakat menjadi panik.

“Masyarakat harus selalu kroscek kebenarannya, paling tidak cek kondisi status dari informasi terpercaya dari BMKG. Jangan menerima informasi tidak langsung kemudian menyimpulkan hanya dari gambar atau isu yang diterima dari sumber yang tidak jelas keberadaanya,” ujar Effendy.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPW Pemuda Perindo Banten Tulus Setyanto. Menurutnya, cara terbaik untuk mengantisipasi kepanikan yang disebabkan kabar hoax adalah dengan memantau informasi dari BMKG dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Bagi masyarakat, tolong untuk lebih mempercayakan informasi kepada yang lebih kompeten dalam hal ini BMKG. Hal ini bertujuan agar masyarakat tidak terpancing mengenai isu yang tidak bertanggung jawab itu,” katanya.

Tulus menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik terkait kabar bohong gempa susulan. Terutama masyarakat yang berada di Banten agar tidak mudah termakan informasi hoax.

Di sisi lain, Tulus menginstruksikan kepada seluruh pengurus Pemuda Perindo Banten untuk turut serta memantau langsung kondisi masyarakat pasca-terjadinya gempa berkekuatan 6,1 SR di Lebak tersebut.

“Saya sudah memerintahkan untuk melihat langsung kondisi di TKP. Segera melakukan langkah-langkah yang diperlukan dan dibutuhkan oleh masyarakat sekitar,” tuturnya.

Sebelum beredar kabar di masyarakat bahwa akan terjadi gempa susulan di Jabodetabek berkekuatan 7,5 magnitudo kemarin malam. Kabar bohong gempa susulan itu pasca terjadinya gempa bumi di Lebak, Banten yang berimbas terhadap guncangan di wilayah Jabodetabek.

Menyikapi informasi gempa susulan di media sosial, BMKG membantah keras kabar tersebut dan menyebut hal tersebut adalah hoax.

VIDEO PROFILE

kutipan-web-perindo
Daftar-Online-Partai-Perindo

Latest Tweet

@PartaiPerindo

facebook fans

PERINDO

SEKRETARIAT DPP PARTAI PERINDO

Jl. Pangeran Diponegoro 29
Menteng, Jakarta Pusat 10310
Telp : +62 21 - 3192 4109
Fax : +62 21 – 3192 5485
Email: sekretariat@partaiperindo.com

Copyright © 2018 Partai Persatuan Indonesia (Partai PERINDO). All rights reserved.

'+
1
'+
2 - 3
4 - 5
6 - 7
8 - 9
10 - 11
12 - 13
13 - 14
[x]