PERINDO UPDATE

12 Apr 2018 12:54

Hary Tanoesoedibjo Siapkan Portal Khusus Dorong Kemajuan UMKM


JAKARTA-Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) terus berupaya mendorong kemajuan UMKM di Tanah Air. Salah satu langkahnya adalah membuat portal atau website khusus agar UMKM bisa menjual barang-barang produksi mereka disana

“Saya akan membuat portal untuk mendorong UMKM tumbuh. Saat ini mereka bersaing dengan belanja online besar,” ungkap HT di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (11/4).

Nantinya, UMKM dari seluruh Indonesia bisa memasarkan produknya di portal tersebut dan melakukan transaksi dengan konsumen. Jangkauan produk mereka akan lebih luas, tak hanya mencakup pasar nasional, tetapi bisa menjangkau pasar global karena berbasis internet.

Portal tersebut, lanjut HT, untuk mendorong UMKM tumbuh berkembang maju dan ujung-ujungnya menciptakan lebih banyak lapangan kerja.

Berdasarkan catatan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, UMKM memberikan kontribusi sangat besar terhadap perekonomian Indonesia dengan menyerap tenaga kerja lebih dari 114 juta orang di hampir 58 juta unit usaha.

Dari tenaga kerja sekitar 117,68 juta orang. 96,87% bekerja di sektor UMKM, dengan sumbangan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 60,34%.

Sebelumnya HT mengatakan perlu dibuat regulasi untuk melindungi industri padat karya dari kompetisi dengan perusahaan berbasis internet. Di sisi lain toko online, menurut Hary Tanoe seharusnya jangan menjual produk yang bersaing dengan UMKM. Melainkan bisa membantu UMKM dengan menjual barang-barang produksi UMKM.

Regulasi dibutuhkan untuk mencegah kompetisi antara perusahaan yang menyerap tenaga kerja besar dengan perusahaan berbasis internet yang mayoritas didominasi perusahaan asing. Bila perusahaan berbasis tenaga kerja yang besar kalah bersaing pengangguran akan meningkat.

Di sisi lain Indonesia membutuhkan lapangan kerja sebanyak-banyaknya. Mengalami bonus demografi, penduduk dengan dominasi usia muda bertumbuh pesat. Kebutuhan lapangan kerja juga meningkat setiap tahunnya.

VIDEO PROFILE

kutipan-web-perindo
Daftar-Online-Partai-Perindo

Latest Tweet

@PartaiPerindo

facebook fans

PERINDO

SEKRETARIAT DPP PARTAI PERINDO

Jl. Pangeran Diponegoro 29
Menteng, Jakarta Pusat 10310
Telp : +62 21 - 3192 4109
Fax : +62 21 – 3192 5485
Email: sekretariat@partaiperindo.com

Copyright © 2018 Partai Persatuan Indonesia (Partai PERINDO). All rights reserved.

'+
1
'+
2 - 3
4 - 5
6 - 7
8 - 9
10 - 11
12 - 13
13 - 14
[x]