PERINDO UPDATE

12 Apr 2018 19:09

Hary Tanoe Serukan UMKM Tumbuh, Ini Kata Pengamat Unair


JAKARTA – Meningkatnya penggunaan internet saat ini membuka peluang dalam mendorong pelaku usaha untuk ikut terlibat dalam kemajuan digitalisasi yang menyasar pada pelaku UMKM.

Karena itu, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo menuangkan gagasan dalam status akus Twitternya, @Hary_Tanoe terkait perlunya regulasi untuk melindungi para pelaku UMKM ditengah gencarnya jual beli di belanja online.

Pernyataan Hary Tanoe tersebut dinilai pengamat ekonomi dan bisnis Universitas Airlangga Rudi Purwono sebagai upaya melindungi UMKM dari gempuran belanja online yang semakin mengeliat.

“Dengan perkembangan teknologi saat ini dan mendatang, belanja online merupakan salah satu bentuk inovasi dalam pemasaran. Saya sependapat bahwa pemanfaatan teknologi justru mendorong bisnis termasuk UMKM untuk tumbuh dan berkembang,” kata Rudi Purwono, Kamis (12/4/2018).

Rudi menegaskan tumbuh dan berkembangnya UMKM bisa dilakukan lebih optimal di era digital saat ini. Pemanfaatan teknologi harus dilakukan secara online untuk membimbing UMKM menjadi berkualitas.

“Harus ada sosialisasi, regulasi dan proteksi (untuk UMKM). Yang perlu diperhatikan juga dari produksi, keuangan, manajemen dan pemasaran. Bahkan pembelajaran model pendanaan berbasis digital,” terangnya.

Untuk itu, pemerintah harus mempercepat transformasi UMKM menuju proses digital. Percepatan ini bisa dilakukan secara mandiri dengan mengajak dan melibatkan beberapa e-commerce yang sudah ada.

“Dalam mewujudkan UMKM go-online perlu komitmen dan kerjasama yang baik agar terjalin dalam upaya memberdayakan UMKM yang berdaya saing,” jelasnya.

Rudi menegaskan kompetisi belanja online dan UMKM pada saat ini memang tidak bisa dihindari. Dibutuhkan kompetisi dan peran pemerintah dalam pemberdayaan UMKM sehingga UMKM terus berinovasi dan naik kelas.

“Sehingga UMKM skala kecil bisa menjadi usaha yang besar,” tandas Rudi.

Akhir pekan lalu, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo mengatakan regulasi belanja online diperlukan untuk melindungi usaha padat karya.

“Belanja online jangan berkompetisi dengan UMKM. Dorong UMKM tumbuh,” kata Hary Tanoe seperti tertulis dalam tweetnya, Minggu (8/4/2018).

Hary Tanoe pun menjelaskan perlunya tarif pajak belanja online asing diatur.

“Atur tarif pajak belanja online asing, lindungi ritel dalam negeri,” kata Hary Tanoe.

Toko online, menurut Hary Tanoe seharusnya jangan menjual produk yang bersaing dengan UMKM. Melainkan bisa membantu UMKM dengan menjual barang-barang produksi UMKM.

VIDEO PROFILE

kutipan-web-perindo
Daftar-Online-Partai-Perindo

Latest Tweet

@PartaiPerindo

facebook fans

PERINDO

SEKRETARIAT DPP PARTAI PERINDO

Jl. Pangeran Diponegoro 29
Menteng, Jakarta Pusat 10310
Telp : +62 21 - 3192 4109
Fax : +62 21 – 3192 5485
Email: sekretariat@partaiperindo.com

Copyright © 2018 Partai Persatuan Indonesia (Partai PERINDO). All rights reserved.

'+
1
'+
2 - 3
4 - 5
6 - 7
8 - 9
10 - 11
12 - 13
13 - 14
[x]