PERINDO UPDATE

13 Apr 2018 11:24

Hary Tanoe Minta Belanja Online Diatur, Ekonom: Langkah Tegas Lindungi UMKM


JAKARTA – Gagasan-gagasan Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo untuk melindungi usaha padat karya dari perusahaan berbasis internet yang didominasi asing dinilai sebagai langkah tegas untuk melindungi UMKM
“Saya pribadi bukan hanya setuju dengan ide Hary Tanoe, melainkan saya pikir itu sangat tepat. Ini sebagai langkah tegas memberikan perlindungan bagi UMKM,” ujar ekonom Bambang Budiarto saat dihubungi, Kamis (12/4/2018).
Dosen Ekonomi Makro di Universitas Surabaya itu mengatakan, Indonesia belum sepenuhnya menerapkan sistem pasar bebas, tetapi arus produk asing semakin hari semakin tinggi. Hal ini bukan hanya mengancam keberadaan UMKM, tetapi juga ritel.
Seperti diketahui, beberapa ritel sudah gulung tikar karena tidak sanggup bersaing di tengah pesatnya perkembangan belanja online. Begitu pun dengan UMKM, banyak yang tak bisa bertahan.
“Indonesia diserbu produk dari negara lain, tentu ini akan sangat merugikan kalangan UMKM,” tutur pria yang tercatat sebagai Sekretaris Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Surabaya itu.
Melalui akun twitter-nya HT menuliskan masukannya terkait belanja online. Pengaturan tarif pajak belanja online asing dinilainya diperlukan untuk melindungi ritel dalam negeri.
Selain pengaturan tarif pajak, menurut HT e-commerce atau toko online seharusnya tidak menjual produk yang bersaing dengan UMKM. Sebaliknya, UMKM harusnya dibantu untuk memasarkan produknya, sehingga bisa menjangkau lebih luas lagi
Aturan saat ini belanja online asing baru akan dikenakan pajak bila harga barang yang dibeli di atas US$ 100. Artinya barang di bawah harga tersebut tidak dikenai pajak.
Hal tersebut berdampak pada usaha lokal, banyak yang menjadi tak sedikit pula gulung tikar karena tidak mampu bersaing. Ujung-ujungnya menciptakan pengangguran.
Di sisi lain Indonesia membutuhkan lapangan kerja sebanyak-banyaknya. Mengalami bonus demografi, penduduk dengan dominasi usia muda bertumbuh pesat. Kebutuhan lapangan kerja juga meningkat setiap tahunnya.
Hary mengungkapkan lapangan kerja harus tumbuh lebih cepat dari pada pertumbuhan pencari kerja, sehingga kesejahteraan akan meningkat.

VIDEO PROFILE

kutipan-web-perindo
Daftar-Online-Partai-Perindo

Latest Tweet

@PartaiPerindo

facebook fans

PERINDO

SEKRETARIAT DPP PARTAI PERINDO

Jl. Pangeran Diponegoro 29
Menteng, Jakarta Pusat 10310
Telp : +62 21 - 3192 4109
Fax : +62 21 – 3192 5485
Email: sekretariat@partaiperindo.com

Copyright © 2018 Partai Persatuan Indonesia (Partai PERINDO). All rights reserved.

'+
1
'+
2 - 3
4 - 5
6 - 7
8 - 9
10 - 11
12 - 13
13 - 14
[x]