PERINDO UPDATE

13 Apr 2018 14:17

Soal Regulasi Belanja Online Asing, Sikap Hary Tanoe Berpihak kepada UMKM


JAKARTA – Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo menunjukkan keberpihakannya kepada UMKM terkait perlu diterbitkannya aturan pajak belanja online asing untuk melindungi ritel dalam negeri.

Menanggapi hal ini, Pakar Ekonomi Makro Universitas Surabaya (Ubaya) Bambang Budiarto mengatakan penetapan regulasi atas tarif pajak belanja online asing dirasa penting sekali. Untuk besaran tarif bisa didiskusikan banyak pihak dan berbagai stakeholder terkait.

“Ini (regulasi tarif pajak belanja online asing) sebagai langkah tegas memberikan perlindungan bagi UMKM,” tegas Bambang Budiarto saat dimintai keterangannya di Jakarta, Kamis, kemarin.

Langkah keberpihakan bagi UMKM memang sudah seharusnya dilakukan. Solusinya dengan menyediakan ruang gerak bagi pelaku ekonomi lokal dan pemerintah harus mampu memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM dalam melakukan aktifitas.

“Pemerintah harus aktif menjaga pasar bagi UMKM agar tidak tersisihkan oleh gempuran asing, melainkan bisa tumbuh dengan baik,” tutup Bambang.

Sementara, Pengamat Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga, Wisnu Wibowo, di Surabaya, Rabu (11/4/2018) mengatakan dengan dilakukan penetapan pajak belanja online asing maka akan memberikan keuntungan dalam hal meningkatkan pemasukan keuangan negara.

Wisnu melanjutkan saat ini dan di masa depan model perdagangan akan didominasi dengan sistem online karena itu perlu upaya untuk menghalau gempuran belanja online asing yang ingin menguasai market di Indonesia.

“Melihat tren perdagangan online, jika dibiarkan bebas bisa mengancam keberadaan pelaku ekonomi lain, utamanya UMKM,” ucap Wisnu.

VIDEO PROFILE

kutipan-web-perindo
Daftar-Online-Partai-Perindo

Latest Tweet

@PartaiPerindo

facebook fans

PERINDO

SEKRETARIAT DPP PARTAI PERINDO

Jl. Pangeran Diponegoro 29
Menteng, Jakarta Pusat 10310
Telp : +62 21 - 3192 4109
Fax : +62 21 – 3192 5485
Email: sekretariat@partaiperindo.com

Copyright © 2018 Partai Persatuan Indonesia (Partai PERINDO). All rights reserved.

'+
1
'+
2 - 3
4 - 5
6 - 7
8 - 9
10 - 11
12 - 13
13 - 14
[x]