PERINDO UPDATE

13 Apr 2018 17:44

Hary Tanoe Minta Bangun Industri Digital Guna Perbanyak Lapangan Kerja


JAKARTA – Kehadiran industri digital di Indonesia sangat dibutuhkan sebagaimana yang diserukan Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo.

Apalagi Indonesia segera menyongsong fase bonus demografi, demikian kata pengamat ekonomi dari Universitas Airlangga Surabaya Rahmat Setiawan.

Menurutnya dengan meningkatnya jumlah penduduk usia produktif, sewajarnya dimanfaatkan untuk mengisi berbagai bidang pekerjaan seiring semakin berkembangnya teknologi digital.

“Ini (industri digital) langkah awal untuk menghadapi bonus demografi Indonesia,” ujar Rahmat Setiawan, kemarin.

Bonus demografi merupakan kondisi di mana populasi usia produktif lebih banyak dari usia nonproduktif. Indonesia sendiri diprediksi akan mengalami puncak bonus demografi pada 2030 mendatang.

Rahmat mengatakan bonus demografi akan maksimal ketika penduduk usia produktif memiliki modal cukup baik mulai dari pendidikan dan keterampilan yang memadai. Tak kalah penting adalah lapangan pekerjaan yang mampu memanfaatkan potensi mereka.

Misalnya saja seperti saat ini di mana digitalisasi yang semakin maju, dilanjutkan Rahmat, mau tidak mau-suka tidak suka, semua orang tanpa terkecuali dituntut untuk beradaptasi dan menguasai perkembangan teknologi digital seiring dengan perkembangan era digital yang semakin modern.

“Menjadi peluang jika kita bisa memanfaatkan bonus demografi melalui penciptaan aktifitas yang produktif dalam memberikan lapangan kerja, misalnya bisnis UMKM maupun bisnis yang padat kerja seperti pembagunan infrastruktur,” katanya.

Belum lama ini, Hary Tanoe mengajak agar Indonesia bersaing dengan negara lain antara lain dengan membangun digital produk sendiri. Indonesia harus bisa bersaing dengan negara lain selama ada kemauan. Oleh karena itu ia menegaskan tidak ada kata tidak bisa.

“Kita harus bangun digital product kita sendiri, bukan asing. Tidak ada kata tidak bisa. Selama masih dalam kapasitas manusia, kita bisa lakukan asal ada kemauan,” ungkap Hary Tanoe di Gedung MNC News Center, Jakarta, Selasa (14/11/2017).

VIDEO PROFILE

kutipan-web-perindo
Daftar-Online-Partai-Perindo

Latest Tweet

@PartaiPerindo

facebook fans

PERINDO

SEKRETARIAT DPP PARTAI PERINDO

Jl. Pangeran Diponegoro 29
Menteng, Jakarta Pusat 10310
Telp : +62 21 - 3192 4109
Fax : +62 21 – 3192 5485
Email: sekretariat@partaiperindo.com

Copyright © 2018 Partai Persatuan Indonesia (Partai PERINDO). All rights reserved.

'+
1
'+
2 - 3
4 - 5
6 - 7
8 - 9
10 - 11
12 - 13
13 - 14
[x]