PERINDO UPDATE

29 Dec 2017 18:55

Kata Kartini Perindo Tiup Terompet Jangan Bergantian, Kenapa?


JAKARTA – Memperingati perayaan pergantian tahun kurang lengkap rasanya tanpa dimeriahkan dengan riuhnya meniup terompet. Namun, beredar kabar penggunaan terompet secara bergantian berpotensi terjadinya penularan difteri.

Wakil Ketua Umum DPP Kartini Perindo Ratih Purnamasari Gunaevy mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai penularan penyakit ini. Terlebih, penularan difteri biasanya terjadi melalui percikan air liur dari tiupan terompet.

“Kita tahu salah satu penyebab penularan difteri itu melalui percikan ludah, udara dan hembusan nafas. Maka akan lebih baik jika kita tidak bertukar atau meminjamkan terompet kepada orang lain,” katanya saat dihubungi, Jumat (29/12/2017).

Bahaya yang mengintai pada terompet ini, tentunya menimbulkan kekhawatiran masyarakat. Alasannya, proses pembuatan terompet harus melalui tahap pengetesan, yakni untuk memastikan terompet dapat berfungsi dengan baik atau tidak.

Salah satu cara untuk mengetesnya adalah dengan meniup terompet tersebut. Artinya, sebagian besar terompet sudah terpapar kuman atau bakteri Corynebacterium diphtheriae tersebut.

“Ini menjadi perhatian khusus bagi masyarakat dan sebisa mungkin sebelum membeli bersihkan ujung terompet dengan pembersih kuman sebelum digunakan. Atau paling tidak, belilah terompet yang sudah terbungkus dalam plastik,” ungkapnya.

Meski demikian, Ratih menyampaikan agar masyarakat tidak perlu khawatir untuk menyambut pesta tahun baru dengan meniup terompet apabila telah melakukan imunisasi. Karena, imunisasi bisa menghilangkan segala kekhawatiran terhadap penularan penyakit difteri.

“Pencegahan itu jauh lebih baik, bagi yang sudah mendapatkan vaksin atau imunisasi secara lengkap pasti akan kebal terhadap penularan difteri,” tutupnya.

VIDEO PROFILE



29
Daftar-Online-Partai-Perindo

Latest Tweet

@PartaiPerindo

facebook fans

PERINDO

SEKRETARIAT DPP PARTAI PERINDO

Jl. Pangeran Diponegoro 29
Menteng, Jakarta Pusat 10310
Telp : +62 21 - 3192 4109
Fax : +62 21 – 3192 5485
Email: [email protected]

Copyright © 2018 Partai Persatuan Indonesia (Partai PERINDO). All rights reserved.

'+
1
'+
2 - 3
4 - 5
6 - 7
8 - 9
10 - 11
12 - 13
13 - 14
[x]