PERINDO UPDATE

12 Jan 2018 16:31

Pilkada 2018, Perindo Dukung Calon Kepala Daerah Antikorupsi


JAKARTA – Partai Perindo lebih memilih calon kepala daerah berkualitas yang anti-korupsi.

Ketua Bidang Politik dan Kebijakan Publik DPP Partai Perindo Mohammad Yamin Tawary mengatakan partai politik harus memperbaiki sistem rekrutmen calon kepala daerah di Pilkada dan kaderisasi.

Partai politik, dikatakan Yamin, seharusnya dari awal berkomitmen kuat atas proses seleksi calon dengan ketat dan dalam merekrut calon kepala daerah tidak seperti membalikkan tepak tangan namun perlu di dalami betul riwayat calon kepala daerah.

“Tetapi selama ini masih sering terjadi pola rekruitmen yang instan dan tidak dipersiapkan jauh-jauh hari,” ungkap Yamin saat dihubungi, Jumat (12/1/2018).

Pada akhirnya, lanjut Yamin, proses yang instan menghasilkan beberapa calon kepala daerah yang mendaftar di akhir saat penutupan. Seharusnya, partai politik menyiapkan calon kuat sejak jauh hari yang akan diusung maju di Pilkada.

“Ini menunjukkan proses rekruitmen itu sangat dadakan. Mengutamakan kepentingan politik sebuah partai dibandingkan bagaimana memajukan daerah setempat,” paparnya.

Yamin mengatakan sudah seharusnya parpol di internal masing-masing melakukan tahapan proses seleksi calon kepala yang ketat dan sang kandidat harus anti-korupsi sebagaimana dilakukan Partai Perindo dalam menentuhkan calon kepala daerah di Pilkada 2018.

“Misalnya dimulai dari mekanisme pengawasan proses rekruitmen kader yang nantinya dipersiapkan untuk calon kepala daerah, promosi kader dalam Pilkada,” terang Yamin.

Sebelumnya, KPK menilai komitmen partai politik dalam menentukan pasangan calon kepala daerah bisa menjadi pemicu korupsi. KPK meminta komitmen partai politik sebagai institusi yang diakui oleh negara agar tidak sembarangan dalam menentukan calon kepala daerah.

Keputusan partai politik yang serampangan dalam menentukan calon kepala daerah dapat berakibat nantinya kepala daerah itu rawan tersandung korupsi jika menjabat kelak.

Pasalnya, data KPK menunjukkan dari sebanyak 78 kepala daerah yang korupsi mereka terjerat 92 perkara seperti suap proyek pembangunan, penempatan jabatan strategis hingga gratifikasi dan pencucian uang.

VIDEO PROFILE

kutipan-web-perindo
Daftar-Online-Partai-Perindo

Latest Tweet

@PartaiPerindo

facebook fans

PERINDO

SEKRETARIAT DPP PARTAI PERINDO

Jl. Pangeran Diponegoro 29
Menteng, Jakarta Pusat 10310
Telp : +62 21 - 3192 4109
Fax : +62 21 – 3192 5485
Email: [email protected]

Copyright © 2018 Partai Persatuan Indonesia (Partai PERINDO). All rights reserved.

'+
1
'+
2 - 3
4 - 5
6 - 7
8 - 9
10 - 11
12 - 13
13 - 14
[x]