PERINDO UPDATE

03 Feb 2018 16:44

Cegah Bullying Anak, Perindo Minta Waspada Dampak Game Online


JAKARTA – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyatakan aplikasi di media sosial terutama game online berpengaruh signifikan terhadap meningkatnya tindakan bullying di kalangan anak usia sekolah.

Menanggapi hal ini, Ketua Bidang Perempuan dan Anak DPP Partai Perindo Ratih Purnamasari Gunaevy mengakui benar adanya pernyataan tersebut, dan bahwa ada dampak negatif dari game online terhadap perilaku anak-anak era saat ini.

“Banyak aplikasi seperti game online menampilkan aksi kekerasan dan itu rentan ditiru anak-anak. Ini harus diwaspadai,” ujar Ratih Gunaevy, Minggu (3/2/2018).

Ratih menjelaskan meskipun pada awalnya maksud anak-anak meniru adegan tokoh super game online untuk bercanda dan alih-alih sekedar menjadi jagoan. Namun, bisa berpotensi menimbulkan tindakan kekerasan dan bullying kepada teman dari anak itu.

Partai Perindo mengimbau kepada sejumlah pihak terkait yang bernaung di bidang teknologi informasi untuk proaktif menyaring aplikasi provokatif yang beredar di kalangan masyarakat sehingga tidak semuanya terakses anak-anak.

“Dan, kita dalam hal ini masyarakat sudah seharusnya berjalan beriringan dengan kebijakan pemerintah dalam membatasi akses aplikasi game online untuk anak,” papar Ratih.

Di samping itu, Ratih mengutarakan tingkat keingintahuan dan sikap anak meniru tokoh super dalam game online sangat tinggi.

Karenanya, perlu pantauan dan arahan orangtua disegala aktifitas anak saat bermain game online baik itu di rumah maupun di lingkungan masyarakat.

Ratih berpesan kepada orangtua untuk sepenuhnya memonitor penggunaan aplikasi dunia maya bagi buah hatinya setiap saat.

Musababnya, anak-anak cenderung belum paham dan menyadari dampak buruk jika hal-hal yang dilihatnya kemudian ditiru dan dipraktekkan dikehidupan nyata.

“Orangtua perlu membina dan memberitahukan anaknya bahwa adegan tendang-tendangan di game online yang ditiru tidak boleh sembarangan dilampiaskan,” tuturnya.

VIDEO PROFILE

kutipan-web-perindo
Daftar-Online-Partai-Perindo

Latest Tweet

@PartaiPerindo

facebook fans

PERINDO

SEKRETARIAT DPP PARTAI PERINDO

Jl. Pangeran Diponegoro 29
Menteng, Jakarta Pusat 10310
Telp : +62 21 - 3192 4109
Fax : +62 21 – 3192 5485
Email: [email protected]

Copyright © 2018 Partai Persatuan Indonesia (Partai PERINDO). All rights reserved.

'+
1
'+
2 - 3
4 - 5
6 - 7
8 - 9
10 - 11
12 - 13
13 - 14
[x]