PERINDO UPDATE

12 Mar 2018 16:44

Grind Gaungkan Perang terhadap Kabar Hoax


JAKARTA – Ketua DPP Grind Kuntum Chairu Basa menegaskan pergerakkan memberantas kabar hoax atau berita bohong sudah digalakkan pihaknya sejauh jauh hari. Pasalnya, informasi merugikan yang menyebar di media sosial berpotensi merusak tatanan di dalam masyarakat maupun mencoreng pelaksanaan Pemilu.

Dia mengatakan Grind sebagai sayap Partai Perindo semakin memaksimalkan perlawanan terhadap kabar bohong di medsos terlebih menjelang Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.

Adanya perwakilan Grind di berbagai wilayah Indonesia semakin mengencarkan upaya memerangi kabar hoax sebagai langkah agar pelaksanaan pesta demokrasi di tahun politik ini berjalan aman dan damai.

“Sebagai organisasi sayap dan garda terdepan partai, kita siap perangi dan siagakan pengurus Grind untuk menangkal berita hoax tersebut,” beber Kuntum saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (12/3/2018).

Kuntum mengatakan keterbukaan masyarakat akan medsos saat ini menjadikan dunia maya dimanfaatkan sebagai alat oleh para oknum untuk mencari keuntungan dengan menyebarkan informasi bohong yang akhirnya muncul kesan fitnah.

“Bisa dilihat bahwa informasi hoax yang muncul akhir-akhir ini sesuatu yang benar-benar disengaja,” ujar Kuntum.

Untuk menyebarkan berita bohong pun saat ini ada pihak-pihak yang memesan kepada penyebar hoax untuk menyerang seseorang atau kalangan tertentu di medsos. Ketika kabar bohong itu menjadi viral dan banyak peminat, maka si pembuat berita bohong menerima imbalan si pemesan.

“Bahkan ada yang memesan (berita bohong) untuk menyerang seseorang dengan maksud tidak baik. Nah, kalau kabar hoax itu sukses dan booming, si penciptanya akan mendapatkan keuntungan,” ujar dia.

Menurutnya sasaran dari pelaku penyebar berita bohong adalah kalangan usia muda yang mentalnya masih terbilang labil sehingga kemudian mudah terpancing dan akhirnya menyebarkan di platform medsos.

Untuk menangkalnya, dia mengimbau masyarakat  pengguna sosmed tidak masuk pusaran dari kabar bohong tersebut.

“Jika mendapat informasi itu (hoax) jangan mudah terpancing, namun harus disaring dulu dan perbanyak referensi,” pesan Kuntum.

VIDEO PROFILE



29
Daftar-Online-Partai-Perindo

Latest Tweet

@PartaiPerindo

facebook fans

PERINDO

SEKRETARIAT DPP PARTAI PERINDO

Jl. Pangeran Diponegoro 29
Menteng, Jakarta Pusat 10310
Telp : +62 21 - 3192 4109
Fax : +62 21 – 3192 5485
Email: [email protected]

Copyright © 2018 Partai Persatuan Indonesia (Partai PERINDO). All rights reserved.

'+
1
'+
2 - 3
4 - 5
6 - 7
8 - 9
10 - 11
12 - 13
13 - 14
[x]