PERINDO UPDATE

13 Mar 2018 10:29

Jaring Caleg, Parpol Andalkan Ketokohan


DPD Partai Perindo Kota Batam menargetkan keterwakilan perempuan dalam penjaringan bakal calon legislatif yang akan diusung dalam Pemilihan Umum Legislatif 2019 mendatang. Nantinya, dalam setiap daerah pemilihan (dapil) akan ada kuota 30 persen caleg perempuan.

Sekretaris DPD Partai Perindo Kota Batam Tonny Siahaan mengatakan, angka 30 persen merupakan jumlah minimal caleg perempuan. Hal ini perlu didorong agar perempuan tidak selalu menjadi objek pelengkap dalam setiap perhelatan pesta demokrasi.

Tonny menyebutkan, proses penjaringan bacaleg masih berlangsung. Tercatat sudah 112 orang bacaleg yang telah mendaftar. Pendaftaran bacaleg dibuka hingga 30 April mendatang.

“Yang mendaftar jadi caleg ada juga dari pensiunan, mantan partai lain dan tokoh muda yang usianya sekitar 30 tahun,” kata Tonny, Selasa (6/3).

Tim seleksi bacaleg yang tergabung dalam tim 9 ini sudah bekerja sejak 5 Februari lalu. Ia menjelaskan, seluruh bacaleg yang mendaftar nantinya akan melewati tahapan seleksi awal yang akan menyisakan 75 orang dan seleksi akhir akan menyisakan 50 orang yang akan maju menjadi caleg DPD Partai Perindo Kota Batam.

“Caleg setiap partai 50 caleg, yang di Batam ini akan terbagi dari 6 dapil, jadi yang memperebutkan kursi DPRD Batam ada 750 orang,” kata dia.

Pada seleksi awal tersebut, para bacaleg akan ‘dijual’ ke masyarakat. Langkah ini dilakukan agar ada ruang pilihan bagi masyarakat sekaligus menjadi kesempatan bagi bacaleg untuk meyakinkan para calon konstituen.

“Jadi penilaian bukan hanya intern Perindo saja tapi masyarakat luas,” ujar Tonny.

Selain bacaleg dari kalangan eksternal, pihaknya juga memastikan para pengurus partai khususnya ketua dan sekretaris juga maju dalam perhelatan politik lima tahunan ini. “Pengurus inilah yang nanti akan memimpin jalannya kendaraan politik yakni partai,” jelas dia.

Jika nantinya ada caleg Perindo yang dipercaya masyarakat untuk duduk di kursi legislatif, Tonny menegaskan legislator partai besutan Hary Tanoesoedibjo itu akan membawa visi dan misi organisasi. “Jadi bukan misi perorangan melainkan mengemban visi misi bersama,” kata dia.

Untuk lebih memantapkan langkah menuju pesta demokrasi 2019, pada 21 hingga 23 Maret mendatang Partai Perindo akan menggelar Rapimnas di Jakarta. Acara ini akan dihadiri 514 DPD kabupaten/kota dan 34 DPW se-Indonesia. Pada kesempatan itu akan membahas visi dan misi Perindo secara nasional.

“Tiap DPD dan DPW diwakili oleh 4 orang, itu yang akan hadir dalam Rapimnas kedua di Jakarta pada Maret mendatang,” ujarnya.

Partai lain, Ketua DPD Garuda Batam Muhammad Arfah mengatakan, dari awal dideklarasikan sebagai Parpol, pihaknya telah gencar mencari kader serta simpatisan partai. Sebagai parpol baru, pihaknya membuka kesempatan selebar-lebarnya bagi siapapun untuk bergabung dalam Partai Garuda. “Untuk saat ini kami memanggil putra putri terbaik bangsa untuk ikut bergabung menjdi bacaleg dari Partai Garuda,” katanya.

Arfah mengungkapkan, pihaknya memiliki beberapa tokoh masyarakat yang sudah siap dan akan ikut bertarung dalam pesta demokrasi 2019 nanti. Namun ia mengakui, untuk bergabung menjadi anggota Partai Garuda tidak harus tokoh masyarakat. Karena pihaknya fokus menghadirkan tokoh-tokoh baru yang siap membawa nama Partai Garuda. “Karena kami membutuhkan orang-orang yang siap memperkenalkan Partai Garuda ke masyarakat luas,” ujarnya.

Terpisah, Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Batam Ari Zullutfi mengatakan, PSI Batam membuka kesempatan untuk menjadi Bacaleg secara terbuka, saat ini secara umum pihaknya belum memiliki caleg unggulan. “Karena tujuan kami adalah untuk memunculkan orang-orang baru dan baik, maka untuk menjaga kualitas proses penjaringan akan melalui seleksi oleh Pansel,” ujarnya.

Ia mengatakan, akan ada tiga tahapan dalam seleksi bacaleg; seleksi administrasi, seleksi kompetensi, dan seleksi sosialisasi. “Selain dari internal partai, kami mengundang pihak eksternal untuk menjadi bacaleg, dengan persyaratan salah satunya adalah belum pernah bergabung dalam parpol mana pun sebelumnya,” tegasnya.

 

Sindo Batam

VIDEO PROFILE



29
Daftar-Online-Partai-Perindo

Latest Tweet

@PartaiPerindo

facebook fans

PERINDO

SEKRETARIAT DPP PARTAI PERINDO

Jl. Pangeran Diponegoro 29
Menteng, Jakarta Pusat 10310
Telp : +62 21 - 3192 4109
Fax : +62 21 – 3192 5485
Email: [email protected]

Copyright © 2018 Partai Persatuan Indonesia (Partai PERINDO). All rights reserved.

'+
1
'+
2 - 3
4 - 5
6 - 7
8 - 9
10 - 11
12 - 13
13 - 14
[x]