PERINDO UPDATE

12 Apr 2018 15:47

Pengamat Ubaya Respon Positif Upaya Hary Tanoe Tumbuhkan UMKM


JAKARTA – Kehadiran teknologi mempengaruhi berbagai sektor kehidupan termasuk peralihan tren perdagangan yang semula tradisional atau offline berganti menjadi online.

Hal tersebut menjadi tantangan bagi Indonesia bagaimana memfilter menghadapi gempuran produk asing melalui sistem dan pajak belanja online agar tidak memarginalkan produk lokal.

Sebab itu, Ketua Umum Partai Perindo  Hary Tanoesoedibjo menginginkan UMKM harus terus tumbuh di tengah persaingan belanja toko online saat ini.

Terkait hal ini, pengamat ekonomi Universitas Surabaya (Ubaya) Bambang Budiarto merespon positif upaya Hary Tanoe melindungi UMKM. Dia mengatakan perlu ada penetapan regulasi atas tarif pajak belanja online asing. Kemudian, untuk besaran tarif bisa didiskusikan banyak pihak, oleh berbagai stakeholder terkait.

“Sekali lagi, perlindungan ini harus dari hulu hingga hilir. Yaitu dalam hal menjangkau market pun, pemerintah harus ambil bagian secara aktif menjaga pasar bagi UMKM agar tidak tersisihkan oleh gempuran asing, melainkan bisa tumbuh dengan baik,” tutup Bambang saat dihubungi, Kamis (12/4/2018).

Bambang menyatakan dengan menyediakan ruang gerak bagi pelaku ekonomi lokal juga harus diikuti dengan sikap tegas pemerintah memberikan privilege berupa kemudahan dalam aktifitas perdagangan. Karena itu, langkah keberpihakan kepada UMKM memang sudah seharusnya dilakukan.

“Idealnya kan aktifitas ekonomi lokal harus terjaga dari hulu hingga hilir,” tegas Sekretaris Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Surabaya ini.

Diketahui, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo mengatakan regulasi belanja online diperlukan untuk melindungi usaha padat karya.

“Belanja online jangan berkompetisi dengan UMKM. Dorong UMKM tumbuh,” kata Hary Tanoe seperti tertulis dalam tweetnya, Minggu (8/4/2018).

Hary Tanoe pun menjelaskan perlunya tarif pajak belanja online asing diatur.

“Atur tarif pajak belanja online asing, lindungi ritel dalam negeri,” kata Hary Tanoe.

Toko online, menurut Hary Tanoe seharusnya jangan menjual produk yang bersaing dengan UMKM. Melainkan bisa membantu UMKM dengan menjual barang-barang produksi UMKM.

VIDEO PROFILE



29
Daftar-Online-Partai-Perindo

Latest Tweet

@PartaiPerindo

facebook fans

PERINDO

SEKRETARIAT DPP PARTAI PERINDO

Jl. Pangeran Diponegoro 29
Menteng, Jakarta Pusat 10310
Telp : +62 21 - 3192 4109
Fax : +62 21 – 3192 5485
Email: [email protected]

Copyright © 2018 Partai Persatuan Indonesia (Partai PERINDO). All rights reserved.

'+
1
'+
2 - 3
4 - 5
6 - 7
8 - 9
10 - 11
12 - 13
13 - 14
[x]