PERINDO UPDATE

12 Apr 2018 13:11

Pengamat Universitas Airlangga: Ide Hary Tanoe Soal Aturan Online Untungkan UMKM


JAKARTA – Toko online asing mengancam keberadaan ritel dalam negeri dan UMKM di Tanah Air. Untuk mengatasinya dibutuhkan regulasi yang mengatur aturan main belanja online seperti yang digaungkan Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo.

“Ide yang bagus dan membangun. Regulasi berkaitan dengan belanja online dan UMKM memang sangat dibutuhkan. Regulasi ini memungkinkan kedua belah pihak saling bersinergi dan tidak saling mematikan,” kata pengamat ekonomi dari Universitas Airlangga Surabaya Rahmat Setiawan ketika dimintai pendapatnya, Selasa (10/4/2018).

Menurutnya, e-commerce dan marketplace dalam negeri harus memberikan ruang khusus bagi UMKM untuk memasarkan produknya. Dengan begitu, UMKM bisa tumbuh dan berkembang.

“Tujuannya jelas, agar UMKM di Indonesia bisa memasarkan produknya melalui saluran pemasaran yang disediakan oleh perusahaan belanja online tersebut,” tuturnya.

Rahmat melanjutkan, nantinya regulasi juga membatasi pemasaran produk yang dihasilkan perusahaan besar yang mirip dengan produk yang dihasilkan oleh UMKM. “Ini supaya tidak terjadi kompetisi secara langsung,” terangnya.

Dia menambahkan, bila belanja online dan UMKM berkolaborasi maka akan tercapai hasil yang saling menguntungkan.

“Contohnya di China, dimana kolaborasi antara bisnis online dan UMKM yang saling menguntungkan. Ribuan bahkan jutaan UMKM di China memasarkan produknya untuk pemasaran domestik maupun pemasaran secara global ke seluruh dunia,” terangnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo mengungkapkan perlunya aturan untuk melindungi ritel dalam negeri dan untuk melindungi UMKM dari kompetisi dengan perusahaan berbasis internet. Toko online, menurut Hary Tanoe seharusnya jangan menjual produk yang bersaing dengan UMKM. Melainkan bisa membantu UMKM dengan menjual barang-barang produksi UMKM.

VIDEO PROFILE



29
Daftar-Online-Partai-Perindo

Latest Tweet

@PartaiPerindo

facebook fans

PERINDO

SEKRETARIAT DPP PARTAI PERINDO

Jl. Pangeran Diponegoro 29
Menteng, Jakarta Pusat 10310
Telp : +62 21 - 3192 4109
Fax : +62 21 – 3192 5485
Email: [email protected]

Copyright © 2018 Partai Persatuan Indonesia (Partai PERINDO). All rights reserved.

'+
1
'+
2 - 3
4 - 5
6 - 7
8 - 9
10 - 11
12 - 13
13 - 14
[x]