PERINDO UPDATE

12 Apr 2018 13:54

Saran Hary Tanoe Atur Pajak Toko Online, Ekonom: Langkah Tegas Lindungi UMKM


JAKARTA – Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo melontarkan pernyataan melalui akun twitter, @Hary_Tanoe terkait perlunya perlindungan kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Keprihatinan Hary Tanoe akan ruang gerak bagi UMKM untuk tumbuh direspon positif pakar ekonomi.

“Saya pribadi bukan hanya setuju dengan ide Hary Tanoe, melainkan saya pikir itu sangat tepat. Ini sebagai langkah tegas memberikan perlindungan bagi UMKM,” ujar ekonom Bambang Budiarto saat dihubungi, Kamis (12/4/2018).

Dosen Ekonomi Makro di Universitas Surabaya (Ubaya) itu mengatakan Indonesia belum sepenuhnya menerapkan sistem pasar bebas tetapi arus produk asing semakin hari yang semakin tinggi.

“Indonesia ini sebenarnya tidak sepenuhnya pasar bebas, dapat dilihat masih adanya ketentuan-ketentuan trading yang diatur oleh pemerintah,” kata Bambang mencermati.

Karenanya, lanjut Bambang penetapan aturan dari trading online pasti ada potensi pajak yang layak untuk digali.

Pria yang juga aktif sebagai Sekretaris di Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Surabaya itu menyebut fenomena gempuran online asing ini sebagai digitalisasi ekonomi.

“Dikhawatirkan, Indonesia diserbu produk dari negara lain. Tentu ini akan sangat merugikan kalangan UMKM,” tutur Bambang.

Akhir pekan lalu, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo mengatakan regulasi belanja online diperlukan untuk melindungi usaha padat karya.

“Belanja online jangan berkompetisi dengan UMKM. Dorong UMKM tumbuh,” kata Hary Tanoe seperti tertulis dalam tweetnya, Minggu (8/4/2018).

Hary Tanoe pun menjelaskan perlunya tarif pajak belanja online asing diatur.

“Atur tarif pajak belanja online asing, lindungi ritel dalam negeri,” kata Hary Tanoe.

Toko online, menurut Hary Tanoe seharusnya jangan menjual produk yang bersaing dengan UMKM. Melainkan bisa membantu UMKM dengan menjual barang-barang produksi UMKM.

VIDEO PROFILE



29
Daftar-Online-Partai-Perindo

Latest Tweet

@PartaiPerindo

facebook fans

PERINDO

SEKRETARIAT DPP PARTAI PERINDO

Jl. Pangeran Diponegoro 29
Menteng, Jakarta Pusat 10310
Telp : +62 21 - 3192 4109
Fax : +62 21 – 3192 5485
Email: [email protected]

Copyright © 2018 Partai Persatuan Indonesia (Partai PERINDO). All rights reserved.

'+
1
'+
2 - 3
4 - 5
6 - 7
8 - 9
10 - 11
12 - 13
13 - 14
[x]