PERINDO UPDATE

17 May 2018 19:19

Pasca-Diserang Teroris, Perindo: Kondisi Indonesia Dikategorikan Baik


JAKARTA – Aksi teroris yang menyerang Surabaya, Sidoarjo dan Riau baru-baru ini menyisakan luka mendalam bagi masyarakat.

Meskipun demikian,  kondisi psikologis masyarakat yang berada di titik kota terdampak tidak menunjukkan efek dan trauma.

“Kondisi Indonesia masih terkategori baik, pemerintahnya bukan diktator yang menindas rakyat, serta sistem politiknya cukup demokratis sehingga aspirasi masih dapat ditampung tanpa harus menggunakan jalan kekerasan,” ungkap Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri DPP Partai Perindo, Wibowo Hadiwardoyo, Kamis (17/4/2018).

Hanya saja, serangan aksi teror tersebut mengindikasikan sebagian masyarakat Indonesia rentan terseret pada ideologi radikal.

Maka dari itu, perlu dilakukan langkah-langkah agar masyarakat dari kalangan apapun terhindar dari doktrin paham radikal yang menyesatkan.

“Sehingga perlu ditingkatkan penambahan wawasan, juga pembinaan agama sesuai agama masing-masing karena agama menghormati hak hidup setiap manusia. Membunuh termasuk dosa besar, dan bunuh diri juga sangat dilarang di agama apapun,” papar Wibowo.

Wibowo menyebutkan yang bertanggung jawab untuk menurunkan tensi teror adalah dimulai dari para pengambil policy, yaitu dengan menghindarkan kebijakan yang menimbulkan kekecewaan publik.

“Bisa juga para panutan yang memiliki pengikut, agar memberikan wawasan yang lebih moderat dan mengutamakan kemaslahatan,” ucap Wibowo.

Tak kalah penting, Wibowo ingin peran media bisa berjalan lebih berimbang dalam memberikan definisi dan label teroris.

Wibowo memandang masyarakat tidak perlu ditambah beban untuk mewaspadai lingkungan dan orang-orang di sekitarnya, karena justru akan menimbulkan keretakan sosial dan keresahan serta saling curiga.

“Mereka harus dibiasakan untuk tanggap menghadapi situasi darurat, dengan langkah penyelamatan diri. Karena kondisi darurat tidak hanya disebabkan tindakan teror, tetapi juga bisa karena bencana alam, gempa bumi, tanah longsor, kebakaran dan sejenisnya,” tutup Wibowo.

VIDEO PROFILE

kutipan-web-perindo
Daftar-Online-Partai-Perindo

Latest Tweet

@PartaiPerindo

facebook fans

PERINDO

SEKRETARIAT DPP PARTAI PERINDO

Jl. Pangeran Diponegoro 29
Menteng, Jakarta Pusat 10310
Telp : +62 21 - 3192 4109
Fax : +62 21 – 3192 5485
Email: [email protected]

Copyright © 2018 Partai Persatuan Indonesia (Partai PERINDO). All rights reserved.

'+
1
'+
2 - 3
4 - 5
6 - 7
8 - 9
10 - 11
12 - 13
13 - 14
[x]