PERINDO UPDATE

23 Jan 2018 18:29

Perindo Imbau Orangtua Waspadai Kecanduan Anak terhadap Telefon Pintar


JAKARTASmartphone atau telefon pintar saat ini menjadi barang yang dimiliki hampir semua orang, tidak terkecuali anak-anak. Tidak hanya kegiatan berkomunikasi, segala hiburan bisa diperoleh dari segenggam telefon pintar.

Penggunaan gadget atau gawai yang berlebihan ternyata bisa menyebabkan kecanduan hingga berpotensi gangguan jiwa. Hal tersebut terjadi pada dua remaja di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Ketua Bidang Perempuan dan Anak DPP Partai Perindo Ratih Gunaevy memandang gawai sudah menjadi bagian dari kebutuhan hidup masyarakat.

“Melalui handphone kita bisa mendapatkan berbagai informasi dan hiburan, juga sarana berkomunikasi dengan orang lain,” ujar Ratih saat dihubungi, Selasa (23/1/2018).

Namun di sisi lain ketika berkumpul bersama orangtua, terkadang anak kecil zaman now justru keasyikan mengutak-atik gadget. Penggunaan game di gadget yang berlebihan dapat memberi dampak kurang baik utamanya kepada anak-anak.

“Itu adalah fenomena yang semakin sering kita lihat dan harus kita waspadai bersama karena secara perlahan menjadikan anak-anak kecanduan,” ujar Ratih.

Menurut Ratih peran orangtua menjadi poin utama untuk melakukan pengawasan saat anak menggunakan gagdet dalam waktu yang berlebihan.

“Sebaiknya orangtua dapat lebih memberikan waktu untuk bisa berinteraksi dengan anak agar tidak menghabiskan waktu hanya dengan smartphone-nya,” tegas Ratih.

Ratih mengatakan perlunya komunikasi intens antara orangtua dan anak sebagai  celah bagi orangtua untuk membatasi penggunaan gadget pada anak. Dengan begitu, secara otomatis akan menghindarkan anak-anak dari ketergantungan terhadap telefon pintar.

Di tengah kekhawatiran ketergantungan seperti ini, orangtua pun harus meluangkan waktu mengajak anak-anak bermain bersama di ruang terbuka.

“Sesekali berpesan kepada anak untuk bijak menggunakan gadget, bisa dengan gurauan ringan. Seperti ‘handphone-nya juga butuh istirahat lho’ atau upaya semacamnya agar ada batasan bagi anak dalam mengakses gadget,” papar Ratih.

Untuk diketahui, Indonesia masuk peringkat lima besar negara pengguna gadget, khususnya smartphone. Data yang diambil tahun 2014 itu menunjukkan bahwa pengguna aktif smartphone adalah sekitar 47 juta, atau sekitar 14 persen dari seluruh pengguna handphone.

Dilihat dari komposisi usia, persentase pengguna gadget yang termasuk kategori usia anak-anak dan remaja di Indonesia cukup tinggi, yaitu 79,5 persen.

Survei yang dilakukan oleh Kementerian Informasi dan Unicef tahun 2014 itu menggambarkan anak menggunakan gadget sebagian besar untuk mencari informasi, hiburan, serta menjalin relasi sosial.

VIDEO PROFILE

kutipan-web-perindo
Daftar-Online-Partai-Perindo

Latest Tweet

@PartaiPerindo

facebook fans

PERINDO

SEKRETARIAT DPP PARTAI PERINDO

Jl. Pangeran Diponegoro 29
Menteng, Jakarta Pusat 10310
Telp : +62 21 - 3192 4109
Fax : +62 21 – 3192 5485
Email: [email protected]

Copyright © 2018 Partai Persatuan Indonesia (Partai PERINDO). All rights reserved.

'+
1
'+
2 - 3
4 - 5
6 - 7
8 - 9
10 - 11
12 - 13
13 - 14
[x]