PERINDO UPDATE

05 Feb 2018 13:01

Perindo Ajak Masyarakat Terapkan Pola Hidup Sehat untuk Cegah Kanker


JAKARTA – Memperingati Hari Kanker Sedunia setiap 4 Februari, tersirat pesan bagi masyarakat tentang pentingnya pemahaman akan bahaya kanker sejak dini. Karenanya, menerapkan pola hidup sehat sebagai upaya mencegah munculnya penyakit mematikan tersebut.

“Mari kita maknai Hari Kanker Sedunia ini untuk lebih peduli akan pola hidup sehat,” tutur Ketua Bidang Perempuan dan Anak DPP Partai Perindo Ratih Purnamasari Gunaevy di Jakarta, Minggu (4/2/2018).

Ratih mengatakan kanker menjadi salah satu penyakit penyumbang terbanyak jumlah angka kematian. Pada peringatan Hari Kanker Sedunia ini diharapkan masyarakat dapat lebih meningkatkan pengetahuan dan kewaspadaan terhadap kanker.

Apalagi, Indonesia termasuk negara dengan beban penyakit kanker yang cukup tinggi. Berdasar data Riskesdes tahun 2013, prevalansi tumor-kanker di Indonesia adalah 1,4 per 1.000 penduduk atau sekitar 347.000 orang.

Sementara dari sisi pembiayaan, berdasarkan data dari BPJS hingga bulan September 2017. Pengobatan untuk pembiayaan penyakit kanker telah menghabiskan biaya sebesar Rp2,1 triliun, menempati urutan kedua setelah penyakit jantung.

Ratih menegaskan munculnya kanker karena pola dan asupan makanan yang salah. Untuk itu, makanan bergizi wajib dikonsumsi dan pola hidup sehat harus diterapkan masyarakat untuk menghindari penyakit kanker.

“Menjalani pola hidup sehat, salah satunya dengan mengatur dan menjaga asupan makanan,” ujar Ratih.

Ratih mencontohkan asupan makanan sehat seperti mengurangi makanan yang dimasak dengan cara dibakar.

Mambakar makanan seperti daging ayam, sapi atau ikan dengan suhu tinggi dapat menyebabkan perubahan zat gizi terkandung dalam makanan tersebut.

Karena senyawa protein dalam otot yang ada dalam daging sapi, ayam, atau ikan dapat bereaksi dengan suhu tinggi dari pembakaran dan membentuk senyawa karsinogenik yang berpotensi meningkatkan resiko kanker.

Tidak hanya itu, Ratih menyebut kurangnya konsumsi makanan berserat dan kalsium juga menjadi pemicu kanker maupun ketika terkena paparan asap pembakaran.

Terlebih, ketergantungan akan minuman keras dan menjadi perokok berat pun penyebab terbanyak munculnya kanker.

“Sebisa mungkin hindari rokok dan jauhi minuman beralkohol. Sebaliknya, perbanyak makanan berserat serta menjalani olahraga yang teratur,” tandas Ratih.

VIDEO PROFILE

kutipan-web-perindo
Daftar-Online-Partai-Perindo

Latest Tweet

@PartaiPerindo

facebook fans

PERINDO

SEKRETARIAT DPP PARTAI PERINDO

Jl. Pangeran Diponegoro 29
Menteng, Jakarta Pusat 10310
Telp : +62 21 - 3192 4109
Fax : +62 21 – 3192 5485
Email: [email protected]

Copyright © 2018 Partai Persatuan Indonesia (Partai PERINDO). All rights reserved.

'+
1
'+
2 - 3
4 - 5
6 - 7
8 - 9
10 - 11
12 - 13
13 - 14
[x]