PERINDO UPDATE

17 Apr 2018 10:17

Soal UNBK Sulit, Grind: Standart Ujian Berubah Seenaknya


JAKARTA – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat pada 9 – 12 April 2018 dikeluhkan peserta ujian. Terutama terkait dengan sulitnya soal ujian.

Menurut mereka soal UNBK 2018 untuk mata pelajaran matematika dan kimia tidak sesuai dengan kisi-kisi yang sudah dipelajari selama ini.

Jagad maya pun ramai dengan ocehan para peserta ujian di dinding akun sosial mereka.

Alhasil, akun Instagram Kemendikbud @kemdikbud.ri sontak dibanjiri berbagai komentar para pejuang UNBK menyuarakan kekesalannya.

Menyikapi hal ini, Ketua DPP Garda Rajawali Perindo (Grind) Kuntum Chairu Basa mengatakan setiap tahun pelaksanaan ujian kelulusan memang terjadi persoalan.

Ini karena adanya kebijakan baru dari Kemendikbud terkait standart soal UNBK yang tentu secara otomatis merubah konsep ujian sebelumnya.

“Seharusnya kita sudah memiliki standar tetap dan baku, yang tidak boleh berubah seenaknya,” tutur Kuntum.

Grind menyebut apa yang menjadi keluhan peserta UNBK seharusnya menjadi koreksi bersama bagi semua stakeholder terutama Kemendikbud demi masa depan dunia pendidikan Indonesia yang lebih baik.

“Jadi memang harus konsisten. Bagaimana bangsa ini akan maju dan bersaing dengan dunia global apabila standar ujian masih kerap berubah-ubah, ini tidak boleh terulang,” tutup Kuntum.

Terkait sulitnya soal UNBK, Menteri Pendidikan pun menyampaikan permohonan maaf. Disampaikannya, pemerintah memang menaikkan tingkat kesulitan soal UNBK 2018 yaitu dengan menerapkan high order thinking skills (HOTS). HOTS ini diterapkan untuk mendorong siswa memiliki kemampuan berpikir kritis.

VIDEO PROFILE



29
Daftar-Online-Partai-Perindo

Latest Tweet

@PartaiPerindo

facebook fans

PERINDO

SEKRETARIAT DPP PARTAI PERINDO

Jl. Pangeran Diponegoro 29
Menteng, Jakarta Pusat 10310
Telp : +62 21 - 3192 4109
Fax : +62 21 – 3192 5485
Email: [email protected]

Copyright © 2018 Partai Persatuan Indonesia (Partai PERINDO). All rights reserved.

'+
1
'+
2 - 3
4 - 5
6 - 7
8 - 9
10 - 11
12 - 13
13 - 14
[x]