PERINDO UPDATE

14 Sep 2018 15:08

Arya Sinulingga: Iklan Jokowi di Bioskop Bukan Kampanye


JAKARTA – Juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin, Arya Sinulingga menyatakan video iklan yang menampilkan keberhasilan pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla membangun 65 bendungan merupakan bentuk sosialisasi, bukan kampanye.

Menurutnya sosialisasi tersebut dilakukan sebagai bentuk informasi kepada masyarakat atas terealisasinya sejumlah program kerja pemerintah selama empat tahun terakhir.

“Justru ketika pemerintah berani mensosialisasikan program yang telah dikerjakan itu menjadi sesuatu yang benar karena itu transparansi. Itu sangat transparansi, bahwa itu loh yang dikerjakan oleh pemerintah,” katanya Jumat (14/9/2018).

Dia berpendapat sosialisasi yang dilakukan melalui media iklan menjadi bentuk transparansi pemerintah kepada rakyatnya dalam menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Ini justru merupakan pertanggungjawaban kepada publik penggunaan anggaran itu seperti ini loh, pembuatan kebijakan itu seperti ini loh hasilnya. Jadi itu bentuknya di iklan kan. Kita harus menghargai juga ada pihak komersial dari pihak pemegang hak media,” katanya.

Pada dasarnya, iklan merupakan suatu bentuk komunikasi massa yang dapat dilakukan melalui berbagai media seperti radio, televisi, majalan koran dan lain sebagainya dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada publik.

“Itu hanya salah satu contoh saja, bagaimana menyampaikan apa yang telah dikerjakan oleh pemerintah selama 5 tahun kepada publik. Itu pertanggungjawaban publik bukan sesuatu yang jadi ditentangkan,” ungkapnya.

Karenanya, menjadi hal yang wajar jika pemerintah melakukan sosialisasi melalui iklan layanan masyarakat. Apalagi, iklan itu tidak memiliki unsur kampanye seperti terkait visi, misi dan program kerja atau citra diri dari pasangan calon atau logo partai pendukung.

“Justru yang kita bingung jika pemerintah tidak berani mensosialisasikan apa yang telah dikerjakan itu, baru kita pertanyakan,” tegasnya.

Arya menyakini video iklan mengenai program kerja pemerintah tersebut telah diketahui dan disetujui oleh para lembaga tinggi negara lainnya.

“Program pemerintah DPR juga tahu, semua lembaga pasti ada namanya sosialisasi. DPR beriklan, MPR buat iklan dan lembaga-lembaga pemerintahan buat iklan. KPK saja buat iklan, jadi buka sesuatu yang tabu untuk ikan tersebut dan sudah ada anggarannya,” tutupnya.

VIDEO PROFILE



29
Daftar-Online-Partai-Perindo

Latest Tweet

@PartaiPerindo

facebook fans

PERINDO

SEKRETARIAT DPP PARTAI PERINDO

Jl. Pangeran Diponegoro 29
Menteng, Jakarta Pusat 10310
Telp : +62 21 - 3192 4109
Fax : +62 21 – 3192 5485
Email: [email protected]

Copyright © 2018 Partai Persatuan Indonesia (Partai PERINDO). All rights reserved.

'+
1
'+
2 - 3
4 - 5
6 - 7
8 - 9
10 - 11
12 - 13
13 - 14
[x]